el-musafeer

el-musafeer (The Traveller)

 

Kelahiran el-musafeer sebagai group musik di bawah KIA tidak lepas dari kebutuhan komunitas Islam Indonesia di Adelaide terhadap sebuah wadah yang bisa memberikan sarana alternative untuk menyebarkan Islam damai sekaligus mewadahi kreatifitas seni yang dimiliki oleh warga Islam Indonesia di Adelaide, khususnya KIA.

 

Pada awalnya, el-musafeer mengambil bentuk grup kesenian Islam tradisional di Indonesia yaitu “Grup Rebana”. Seiring berjalannya waktu dan bertambahnya bakat-bakat anggota yang bergabung dalam KIA, el-musafeer akhirnya bermetaforfosis dengan menggabungkan seni tradisional rebana dengan berbagai alat musik yang lain seperti gitar, bass, gamelan, dan angklung.

 

Berkat dukungan berbagai pihak, el-musafeer semakin berkembang dan sudah semakin diminati oleh berbagai kalangan di Adelaide. Hal ini terbukti dengan adanya beberapa undangan penampilan el-Musafeer di acara-acara formal ataupun non-formal yang di adakan oleh beberapa lembaga yang ada di Adelaide. Penampilan el-musafeer yang paling “gress” adalah di South Australia Art Gallery dan Flinders University.

 

Salute buat el-Musafeer

 

rebana lawas pendopo ondel-ondel adelaide bersholawat kajianislamadelaide.org_sosial-budaya, seni dan olahraga7 Kajianislamadelaide.org_sosial-budaya, seni dan olahraga6 Kajianislamadelaide.org_sosial-budaya, seni dan olahraga4 shalawat_kajianislamadelaide.org more than ink_kajianislamadelaide.orgel-musafeer di flinders